Jun 30, 2016

Membuat Fungsi dalam Construct 2

  No comments
Walaupun Construct 2 adalah tools pembuatan game yang tidak mengharuskan kita untuk menguasai programming, namun ada beberapa fitur yang biasa digunakan dalam berbagai bahasa pemrograman. Salah satu fitur tersebut adalah Function, atau fungsi. Fitur Function ini akan mengumpulkan beberapa action dan memberinya suatu nama. Kita bisa menggunakan kelompok action tersebut dengan menggunakan ‘Call function’, atau pemanggilan fungsi dengan menggunakan nama fungsi yang bersangkutan.
Fitur Function ini memiliki beberapa kegunaan, diantaranya:

  1. Mempermudah membaca event dan action. Kita bisa mengelompokkan sejumlah aksi-aksi yang berulang menjadi sebuah fungsi dengan nama yang jelas, sehingga akan lebih bisa memberi gambaran tentang apa yang terjadi dalam logika game kita.

  2. Memenuhi kebutuhan algoritma kompleks.  Beberapa persoalan tertentu akan membutuhkan solusi yang cukup kompleks, dan hal tersebut dapat terbantu dengan adanya fungsi. dengan menggunakan fungsi kita bisa membuat construct bekerja seperti programming pada umumnya, tidak hanya terbatas dengan daftar objek atau fungsi yang disediakan dalam construct. Pengolahan algoritma kompleks akan banyak memanfaatkan fitur parameter fungsi, fitur output fungsi, dan fitur pemanggilan fungsi.

Parameter fungsi
  • Kita bisa membuat fungsi kita menerima sejumlah nilai angka sebagai parameter atau nilai masukan yang akan digunakan oleh fungsi yang bersangkutan, contohnya kita ingin membuat pop up dengan suatu text yang berbeda setiap kemunculan, kita bisa membuat fungsi yang menerima parameter yang akan menentukan text apa yang akan ditampilkan.


Output Fungsi
  • Seperti dalam matematika, sebuah fungsi akan mengolah nilai input menjadi suatu nilai output. Dalam pemrograman, belum tentu semua fungsi memiliki nilai output, tapi beberapa jenis fungsi misalnya perhitungan rumus tertentu dalam game perlu menghasilkan suatu output nilai.


Cara membuat fungsi dalam Construct 2
  • Pertama kita perlu buka layout editor, lalu klik kanan > Insert new object > pilih objek Function. Kita perlu satu instance objek function ini untuk mengatur pemanggilan fungsi dalam game kita.
  • Deklarasi fungsi, atau bagian kode yang menjelaskan aksi apa saja yang akan dilakukan dalam suatu fungsi akan dibuat dalam bentuk event, jadi kita perlu buat event baru > pilih Function > On Function > isi nama fungsi yang diinginkan. Pastikan nama fungsi mudah dimengerti dan menjelaskan apa yang akan dilakukan dalam fungsi tersebut.
  •  Selanjutnya kita tinggal mengisi bagian action dari fungsi yang sudah kita buat, bisa dengan membuat aksi baru secara manual, atau menggunakan fitur copy-paste (dengan shortcut Ctrl-C dan Ctrl-V)


Menambah pengolahan parameter pada fungsi
  • Semua fungsi sebenarnya bisa menerima parameter, tapi jika tidak kita olah nilai yang dimasukkan dalam parameter tersebut, parameter akan diabaikan begitu saja oleh fungsi kita. Untuk memeriksa parameter, kita perlu membuat sub-event pada event fungsi kita. Klik kanan pada event > Add > Add sub-event > Pilih objek Function > Compare parameter.
  • Berikutnya kita akan diberi pilihan untuk memeriksa parameter dengan indeks tertentu (perlu diperhatikan bahwa indeksnya dimulai dari angka 0, bukan dari angka 1). Kita juga diberi pilihan untuk membandingkan nilai pada indeks tersebut dengan suatu nilai yang kita tulis.
  • Misalnya jika parameter pertama bernilai 1 maka kita akan tampilkan tulisan pemain menang, sedangkan jika bernilai 0 kita akan tampilkan pemain kalah. Fungsi akhirnya kurang lebih akan seperti ini.
Memanggil fungsi dengan Parameter
Untuk memanggil fungsi dengan atau tanpa parameter, kita perlu membuat aksi baru, Add action > pilih objek Fungsi > Call Function > masukkan nama fungsi yang kita inginkan. Kita bisa memilih untuk menambahkan parameter dengan klik opsi Add Parameter lalu mengisi nilai parameter dengan indeks yang sesuai.

Sumber : www.gedebuk.org

Silahkan Subscribe blog kami untuk mendapatkan update artikel dari kami. Terima kasih...

No comments :

Post a Comment

INFO KESEHATAN

loading...