Jul 11, 2016

Android N akan Punya Feature Ini!

  No comments
Android setiap tahunnya menawarkan sebuah perbaikan dan feature terbarunya. Hal ini ditandai dengan bergantinya nama kode dari Android tersebut. Lihat saja segudang perubahan dari Kitkat ke Lollipop dan juga dari Lollipop ke Marshmallow. Sayangnya, untuk mengetahui feature apa saja yang akan digunakan pada Android tersebut, kita harus menunggu acara tahunan Google I/O 2016. Ternyata, ada beberapa feature yang telah dikonfirmasi bakal ada pada Android N. Berikut adalah beberapa hal yang bakal ada pada Android N:

Tanggal Peluncuran
Android N akan diluncurkan pada tanggal 18 Mei 2016 setelah acara keynote Google I/O 2016. Android N juga nantinya akan dikenal dengan Android versi 7.0 akan dikuti dengan peluncuran perangkat Nexus generasi selanjutnya yang akan diluncurkan pada bulan Oktober atau awal November. Tentunya, Android 7.0 akan terlebih dahulu tersedia untuk perangkat Nexus terpilih dan nantinya akan tersebar ke beberapa produsen smartphone lainnya.

Mode Multi-Window

Mode Multi Window yang pada sebuah smartphone diperkenalkan oleh Samsung nantinya menjadi sebuah feature standar pada Android 7.0. Hal tersebut pun telah dikonfirmasi oleh tim Pixel C padaReddit Ask Me Anything. Walaupun pada Marshmallow pengguna dapat mengaktifkan mode ini, tetapi hanya beberapa pengguna mahir saja yang mampu melakukannya. Nantinya mode Multi-Window ini juga akan dipoles lebih baik lagi.

Dukungan Tablet Lebih Baik!
Salah satu anggota Pixel C bernama Glen Murphy mengatakan bahwa mereka sedang bekerja keras untuk menambahkan peningkatan-peningkatan yang ada pada form faktor tablet. Sayangnya, Glen tidak menjabarkan lebih lanjut feature baru apa saja yang bakal ada pada Android 7.0 tablet. Akan tetapi bisa saja feature seperti multitasking yang lebih fungsional, notifikasi push yang lebih teroptimalisasi untuk tablet, dan lain sebagainya.

Pindah dari Java ke OpenJDK!
Android 7.0 nantinya tidak akan menggunakan Java yang saat ini dimiliki oleh Oracle. Sebagai gantinya, Google akan secara resmi menggunakan OpenJDK sebagai solusi mudah dari permasalahan lisensi yang dimiliki Oracle ini. Google juga akan berkontribusi besar dalam mengembangkan OpenJDK di masa depan sebagai imbas penggunaan API open ini.

Feature yang belum pasti
Lalu apa lagi yang bakal muncul pada Android N? Belum ada informasi selanjutnya yang pasti. Akan tetapi, bisa saja hal-hal ini terjadi pada saat Android N muncul:

Nama Android N
Saat ini, Google lebih menyukai untuk memberikan nama Android N dengan Nutella. Setelah itu, ada kemungkinan juga Nougat akan menggantikan nama Android N. Walaupun begitu, Sundar Pichai nantinya akan bertanya kepada ibunya atau akan membuat sebuah voting mengenai nama Android N kepada para fans-nya.

Dukungan Stylus

Beberapa waktu yang lalu, Samsung memberitakan bahwa mereka akan menarik feature S Pen dari API-nya. Hal tersebut karena pada halaman developer Samsung, dikatakan bahwa feature-feature ini bakal tergabung dalam Anroid N. Hal yang sama sebelumnya terjadi adalah feature battery saving pada Lollipop dan fingerprint pada Marshmallow.

Integrasi ChromeOS
Tahun lalu, The Wall Street Journal mengkonfirmasi bahwa Android dan ChromeOS bakal digabung menjadi satu. Walaupun begitu, Google masih mengatakan bahwa Chrome OS tidak akan mati dan masih akan didukung penuh. Bisa jadi nantinya Chrome OS dan Android N akan kompatibel satu sama lainnya.

Aplikasi Messaging Baru
Saat ini Google sudah memiliki Hangout sebagai aplikasi messaging yang menggabungkan pula SMS dan MMS. Walaupun begitu, ada kabar yang mengatakan bahwa Android N akan memiliki aplikasi pengganti Hangout yang menggunakan platform Rich Communication Services (RCS). Hal tersebut nantinya bakal membuat pengguna bisa melakukan chatting berbasis teks, video chat, dan berbagi file. Apalagi Google juga telah berkomitmen untuk menggunakan standar RSC.


 Sumber : www.chip.co.id
Silahkan Subscribe blog kami untuk mendapatkan update artikel dari kami. Terima kasih...

No comments :

Post a Comment

INFO KESEHATAN

loading...